Sibuuuk!


 Sibuuk!
Sibuuuk!
Akhir-akhir ini gw sibuk banget kerja, pagi ketemu malem, ketemu pagi lagi. Gw jadi suka nanya ke diri sendiri, ini kenapa begini ya? Alih-alih ada waktu buat teman dan keluarga, me-time ajah susah dapetnya, waktu pun terasa berlalu dengan cepat.. Hmm.. Ya, ya, tentu saja makan dan becanda juga termasuk dalam lingkup pekerjaan, dan itu yang selalu jadi favorit gw, sebenernya gw terlalu banyak bercanda, kalimat sebelumnya cuma buat pencitraan doang.. ~,~

Anyway, kalo ditanya apa gw seneng dengan kerjaan gw sekarang, maka jawabannya, gw seneng banget. Gw pikir di sini orangnya baik-baik, suasana kerjanya asik.. Gw juga bisa eksplorasi diri semau gw, ada hal yg bikin hasrat gw meletup-letup.. Dan itu selalu bikin gw betah berlama-lama bercumbu dengan pekerjaan gw.. Laksana orang kasmaran, kalo bisa sih pelukan kemana-mana.. Ke pasar, ke stasiun, ke sawah, ke gunung, ke sungai, ke bulan.. Oke, itu pencitraan lagi dan gw juga nggak mau pelukan ke bulan, itu agak aneh.

Kembali ke belakang: Ramadhan, 1435 Hijriah.


X: "Nama kamu, nama?"
Gw: "Arif,"
X: "I'm James, this is Ferry, and.. Sung Joon"
Gw: "Nice to meet you."
James: "Kesini naik motore?" ya, dia bilang motore
Gw: "Uhm, nope, by bus"
James: "Dari mana?"
Gw: "Bekasi"
James: "Disana banyak cabe-cabean? Geulis? Geulis?"
Gw: "Ya, yaa.. Banyak hhahaa.."

Serius?
Lo tanya gw cabe-cabean? ~,~

James: "Okay, Tell me about yourself"

Di depan gw ada tiga orang, terdiri dari dua orang Korea berkacamata, yang satu kelihatan rusak, dia adalah James, dan yang lainnya kelihatan rusak juga, dia adalah Sung Joon.. dan satunya lagi adalah bapak-bapak yang nantinya gw ketahui sebagai produk Purwakarta bernama Ferry, dia kelihatan rusak juga.

Oke, musuh sudah teridentifikasi, mencoba membaca situasi, pikiran gw berkata wawancara ini akan berlangsung alot.. Tapi gw nggak akan berhenti, gw udah cukup dapat penolakan, gw lelah dicampakkan, gw udah minta doa dari nyokap. Sekarang, semangat gw terlalu tinggi untuk menyerah..

Gw: "Okay, Uhm.."
"HHAHAHAHAAA"

Menciut. Gw langsung kayak bego, dua orang ekspatriat gila ini ketawa2 sambil ngomong bahasa yang-nggak-gw-ngerti dengan jari telunjuk yang mengarah ke foto di CV gw..

Aah.. Gw baru inget, foto di CV belom sempet gw update. Itu adalah foto di ijazah gw.. Foto gw pake jas biru muda, kemeja putih, berdasi, kumis kanan lebih panjang dari kumis kiri, jenggot seadanya, jambang kiri melingkar keatas, jambang kanan menjuntai lurus searah gravitasi, potongan rambut bergelombang disisir ke arah kanan, mata semi beler, lengkung senyum yang, ya ampun, itu adalah senyum paling nyebelin yang pernah gw liat, kayak senyum abang-abang jahat di sinetron TV swasta nasional yang suka mabuk2an dan godain cewek-cewek lewat dan ngomongnya Neng-mau-kemana-neng-sini-sini-sama-abang-ajah. Dalam bahasa sederhana, itu terlalu absurd. Harusnya gw ganti foto itu.

James: "Lanjut, lanjut.."
Gw: "Okay, I like IT, i have several private projects, my major is civil engineering.."
James: "Pardon"
Gw: "Civil Engineering"
James: "What is it?"
Gw: "Construction, Building Structure, Bridge.."
James: "Aah, Civil Engineering, itu bacanya Sivel ya bukan Sivil"

Good! Lima tahun gw kuliah dan gw selalu bilang sivil enjiniring, dan nggak ada yg bilang gw salah. Sekarang gw tau kenapa gw disini.. Untuk dicegah.. Ayolah, Harus ada orang yg mencegah kebodohan gw yg melimpah.. ~,~

Gw: "Uhm, yeah, Civil Engineering"
Sung Joon: "Civil Engineering!?"

James memberi aba-aba kepada Sung Joon, seakan berkata: It's Okay, give him a chance.

Sung Joon: "Okay, explain to me about your recent projects"
Gw: "Actually i have no professional project yet, i do it for fun, mostly code in PHP, I'm familiar with OOP, some popular framework, JS, AJAX, HTML and CSS ofcourse, and MySQL too."
Sung Joon: "What is PHP?"
James: "It's PHP"

Double kill! Gw salah lagi.. Gw ngomong Pe Ha Pe, harusnya ngomongnya Pi Ej Pi.. Aku maluu.. Aku mau pulang ajah mamaah.. Puulaaang!! T,T

Sung Joon: "Okay, Go on.."
Gw: "I'm good at web application security, basic networking,  familiar with debian based linux and it's great feature, I have published one security advisory in packetsormsecurity in 2008. Then, I paused for several years to finish my study in Civil Engineering. Now i'm coming back, pursuing my passion."
James: "Packetstorm? What is it?"
Ferry: "Something like CVE, boss.. Jadi tau tentang security ya, rif? Konsep dasarnya udah ngerti dong.."
Gw: "Ya, saya mengerti."
Sung Joon: "Can you do Java, C# or Oracle DBMS?
Gw: "Well no, but i do Perl and Python, recently i tried Java and Ruby but in basic level"

Ngeles dikiit.. :3

Sung Joon: "Can you handle JSON, XML and other formats of Web Service?"
Gw: "Yes, i can demonstrate if you want.."

Skip. Skip.

James: "Okay, saya akan tanya satu, bagaimana cara lihat log di linux"

Ini favorit gw, log adalah bagian dari information gathering setelah gaining access, untuk selanjutnya ke tahap escalation privileges. Yang pernah bandel pasti tau. :)

Gw: "It depends.. What kind of log do you want"
James: " The command"
Gw: "tail, cat, head, vi, vim"

~

Seminggu kemudian..

"Halo! Arif, Saya Vici, besok senin datang ke kantor, mulai kerja ya.."
"Ya, tentu.."

Hari itu begitu cerah.. Sungguh. Ada cahaya dimana-mana, di pojok kamar, di teras rumah, di dapur, di tangga, di teras rumah.. Eits! Sebentar, sebentar.. Lah kok di teras rumah lagi.. ~,~

Tidak masalah, kadang kita harus mengulang..
Ingatan yg indah, misteri yang gelap, mimpi yang terbuang, kita akan mengulang.

Spoiler for Tokoh-tokoh:

Sir. Aboed Armstrong

Officially trained as a Civil Engineer, Aboed has thrown off the shackles of Stone and Concrete to return to his original passion: Information Technology.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar