BIOS dan Fungsi Novo Button di Lenovo IdeaPad Z400 Touch

BIOS dan Fungsi Novo Button di Lenovo IdeaPad Z400 Touch
BIOS dan Fungsi Novo Button di Lenovo IdeaPad Z400 Touch
Ini cerita tentang mesin kesayangan gw karena emang cuman satu-satunya yang gw punya yang kita sebut saja namanya mesinkedapkedipmasadepan novopy. Karena dia sudah cukup dewasa untuk melakukan hal yang tidak-tidak beresiko, gw memutuskan untuk menananamkan Backbox Linux didalam hati sanubarinya. Oh iya, novopy adalah notebook Lenovo IdeaPad Z400 Touch. Walaupun mirip, dia bukan mesin parut kelapa, oke!?

Lanjut, gw udah download image file Backbox Linux yang menurut mitos faktanya, berkarakter stabil dan memiliki kecepatan lightning fast. Artinya, dia secepat petir dan lo bisa gosong, entahlah, nilai bahasa inggris gw selalu jelek. Oke, gw juga udah bikin bootable USB flashdrive, dan flashdrive-nya udah gw colokin ke lubang USB 3.0 yang ada warna birunya yang ada disebelah kiri deket lubang HDMI. Gw restart novopy, gw siap-siap masuk BIOS atau boot menu, gw meletakkan jari-jari lentik karatan gw di tombol yang biasanya buat akses BIOS: esc, del, f1, f2, f5, f10, f11, dan f12 dan gw mulai tegang. Gw selalu tegang setiap mau masuk BIOS, kita semua juga begitu, gimana nggak, kita harus cepet-cepetan mencet tombol secara brutal sebelum splash screen menghilang dan mesin lo mulai booting dari hardisk dan lo harus nunggu 12 tahun buat restart mesin.

Masalah buat gw!? Nggak sih, gw selalu menikmati ketegangan kok, masalahnya waktu gw nyalain novopy, yang muncul di layar cuma logo lenovo sama sekumpulan lingkaran putih yang lagi muter-muter, entahlah, mungkin itu sejenis kutu yang selalu ceria indikator proses. Oke, dear lenovo, mana bagian yang harus gw pencet-pencet buat masuk BIOS? ~,~

Lenovo Splash Screen
Lenovo Splash Screen
Jujur ajah, pertanyaan itu membuat hati gw jadi penuh dengan kegalauan, dan sebagai orang yang lumayan malas ganteng, dengan sigap, gesit, dan cekatan, gw yakin banget untuk memilih googling daripada ngacak-ngacak manual book. Lebih praktis. :P

Oke! Ketemu! Cara masuk BIOS adalah dengan mencet-mencet novo button ketika notebook dalam kondisi mati.
Novo Button
Silahkan pencet-pencet Novo Button sampe puas
Setelah lo puas mencet-mencet novo button, kita bakal dihadapi dengan pilihan yang menyulitkan dan tentu saja gw milih BIOS Setup. Oke, sebenernya pilihan ini tidak terlalu sulit.

Novo Button Menu
Novo Button Menu, pilihan yang sulit
A'a Aboed, ane mau nanya dong.. Silahkan  Mas Kumis Mbak Cantik..

Kenapa mencetnya harus kondisi mati? Emang nggak bisa ya dalam kondisi hidup? Ya, bisa ajah sih, dengan asumsi kita pake Windows 8 bawaan notebook, ntar yang keluar adalah aplikasi OneKey Recovery.

OneKey Recovery
OneKey Recovery, nongol dengan brutal kalo novo button dipencet ketika novopy dalam keadaan hidup
Apa fungsi dari OneKey Recovery? Sederhananya, fasilitas untuk Backup dan Restore, selengkapnya silahkan baca disini, ada di halaman 23.

Kenapa Novo Button susah dipencet, kecil, dan terkesan nyelempit tersembunyi? Untuk mencegah accidental push, kan nggak asik kalo ada anak kecil mencet-mencet sembarangan, terus notebook kita kena factory reset.

Kenapa namanya Novo Button? Yaelah.. Mana gw tau.. ~,~

Apa arti dari kata Novo? Kemungkinan yang paling realistis menurut gw, kata ini berasal dari kata dalam bahasa latin "De Novo" yang berarti "dari awal", "baru", "kembali ke awal". Sesuai dengan fungsinya sebagai pemicu nongolnya fasilitas OneKey Recovery, walaupun juga berfungsi untuk masuk BIOS dan boot options.

Yup, selesai! BTW, postingan ini terkesan acak-acakan ya? Nggak apa-apa lah, selalu ada manual book untuk penjelasan padat, singkat dan tanpa curhat. :P

BackBox Install
Sabar menunggu.. Yeah! Everything is in the right place :)


Sir. Aboed Armstrong

Officially trained as a Civil Engineer, Aboed has thrown off the shackles of Stone and Concrete to return to his original passion: Information Technology.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar