Tips Memilih dan Membeli Smartphone Idaman

Tips Memilih dan Membeli Smartphone Idaman
Tips Memilih dan Membeli Smartphone Idaman
Benda yang bernama smartphone memang sudah sangat melekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Kita kangen teman, telpon menggunakan smartphone, kita berbisnis, promosinya menggunakan smartphone, kita bekerja, membuat schedule menggunakan smartphone, kita internetan, berselancar menggunakan smartphone, bahkan untuk berkaca, kita pun menggunakan smartphone. Ada masalah? Awalnya tidak ada masalah, sampai kita tahu kalau ternyata, untuk mendapatkan smartphone, kita harus membeli pakai uang. Hah!? Apa anda bilang!? Mencuri juga bisa!? Maaf, saya tidak membahas hal itu disini.

Baiklah, sekarang kita kondisikan anda ingin membeli smartphone, dan anda bingung, anda depresi dan mulai berpikir untuk melakukan yang tidak-tidak. Tapi, kemudian anda membaca postingan ini, anda merasa mendapat titik terang, tapi ternyata anda salah, karena yang menulis ini adalah Cacing alay. Baiklah, abaikan Cacing alay, kita akan mengulas sesuatu yang disebut Tips Memilih dan Membeli Smartphone Idaman.

1.       Harga
Harga adalah segalanya, hal pertama yang harus kita lakukan untuk membeli smartphone adalah menetapkan range harga smartphone yang akan kita beli, apakah kurang dari satu juta rupiah, atau 3 sampai 6 juta rupiah atau, terserahlah, pokoknya yang sesuai dengan kocek yang kita miliki. Yang perlu diperhatikan adalah, jangan berkata “Saya mau yang harganya satu juta lima ratus ribu tiga puluh dua puluh tujuh ribu empat ratus juta puluh milyar rupiah” Jelas tidak ada yang seperti itu.

2.       Spesifikasi dan Fitur
Setelah menetapkan harga, kita bisa mulai menyeleksi smartphone yang sesuai dengan range harga yang telah kita tentukan untuk kemudian membandingkan spesifikasi dan fitur yang dimiliki. Sesuaikan dengan karakter anda, apakah anda orang yang suka bermain game? Fotografi? Multimedia?
Bila anda adalah orang awam yang kurang suka membahas hal ini, silahkan minta bantuan teman anda yang mengikuti perkembangan gadget dan skip bagian ini. Untuk mempermudah membandingkan gadget gunakanlah comparing tools yang bertebaran di Internet, seperti di GSMArena atau situs/blog/majalah yang me-review smartphone idaman anda. Oh iya, berikut yang harus diperhatikan.

·         Sistem Operasi: Apakah Blackberry OS, Android, iOS atau mungkin Windows Phone? Perhatikan dukungan aplikasi dan keunggulan masing-masing Sistem Operasi untuk urusan messenger tentu saja Blackberry OS (BBM jelas masih andalan orang Indonesia), Kalau mau yang gaya, fashionable, asik buat main game tentu iOS (Prinsipnya, It Just Work!), Mau yang lebih bervariasi? Gaming? Gaya? Lebih bebas? Kustomisasi tinggi? Semau gue? Android jawabannya. Oh iya, perhatikan juga versi Sistem Operasinya, misalnya untuk Android, apakah Gingerbread? Atau ICS? Untuk lebih lengkapnya, silahkan googling mengenai jenis-jenis sistem Operasi pada ponsel, kemudian pilihlah yang sesuai kebutuhan anda.

·         Prosesor: Prosesor dan GPU menentukan performa perangkat anda, 1 GHz single core tentu tidak sama dengan 1 Ghz dual core, Untuk sekedar surfing mungkin tidak memerlukan spesifikasi terlalu tinggi, tapi bila anda suka bermain game, akan lain ceritanya. Oh iya, Apakah anda masih asing dengan istilah Snapdragon, Scorpion, Adreno, Mali, Nvidia Tegra? Silahkan googling untuk mengetahui informasi prosesor dan GPU tersebut, anda juga bisa melihat benchmark dari situs/blog/majalah yang me-review.

·         Kamera: Kehadiran kamera pada smartphone menjadi fenomena tersendiri. Bila anda mengedepankan jepretan foto dan video, perhatikan Berapa resolusi kamera? Apakah ada kamera sekunder? Berapa resolusi video yang di dukung kamera? Tingkat realitas gambar yang dihasilkan? Apakah mendukung Autofocus? Flash? Smile detection? Burst mode? dan sebagainya. Untuk lebih mudahnya, lihatlah situs/blog/majalah yang me-review. 

·         Layar: Perhatikan ukuran layar dan teknologi yang diusung. Ukuran layar dan teknologi tersebut akan mempengaruhi kenyamanan dalam menggunakan smartphone serta konsumsi daya baterai. Misalnya, sensitifitas layar resistif tentu berbeda dengan kapasitif, dukungan multi touch juga akan mempengaruhi pengalaman memakai smartphone, kalau tidak multi touch, kan tidak bisa main cubit. Kemudian bagaimana dengan resolusi dan tingkat kecerahannya? Serta, Apakah smartphone anda menggunakan teknologi anti gores?

·         Konektivitas: Apakah tersedia Wi-fi? DLNA? Bluetooth? NFC? TV-Out? Kabel data? Tethering? USB OTG? Semakin banyak konektivitas yang di dukung, tentu semakin memudahkan anda.
·         Jaringan: Jaringan apa yang anda inginkan? CDMA? GSM? Apakah sudah support HSDPA? HSUPA? LTE? EVDO? Dan tentu saja, apakah kelak anda akan menggunakannya?

·         Baterai: Perhatikan jenis baterainya. Apakah Lithium Polymer? Ataukah Lithium Ion? Apa perbedaan Li-Po dengan Li-Ion? Berapa kapasitas baterainya? Oh iya, kapasitas baterai tidak menjamin perangkat akan “bertahan hidup” lebih lama, konsumsi daya layar 5 inchi tentu berbeda dengan layar 3 inchi bukan?

·         Fitur Khusus: Siri, S-Voice, Smart Stay, Face detection, GPS, Geo-tagging, Accelerometer, FM Radio, TV dan lain-lain. Bisa di bilang ini adalah poin plus yang mungkin anda butuhkan.

3.       Desain
Kalau anda ingin tampil trendy, tentu desain menempati ruang tersendiri di hati anda. Tapi tetap saja, masalah desain adalah masalah selera, pertimbangkan dimensi ponsel yang nyaman anda genggam, jenis material yang dipakai, warna dan sebagainya. Jangan ragu memilih desain yang kita sukai, bahkan kalau teman kita bilang “Lebih mirip kentang dari pada ponsel”, jangan pedulikan, kita adalah orang yang akan paling sering melihat, menyentuh dan meraba-raba kentang ponsel kita, mengapa harus mendengar kata-kata orang lain? Bebaskan diri, ikuti intuisi.

4.       Reputasi
Lihatlah review dari media, seperti majalah, atau situs/blog yang membahas smartphone yang anda idamkan, kemudian lihat juga review para pengguna yang telah menggunakan ponsel pintar pilihan anda, review pengguna penting untuk mengetahui kendala atau keasyikan yang mungkin dialami ketika menggunakan perangkat tersebut, anda bisa melihatnya di portal-portal atau forum seperti GSMarena, tabloid pulsa, kaskus dan lain-lain, silahkan googling.

5.       Paket Penjualan
Perhatikanlah paket penjualan yang disertakan, misal, apakah dalam paket penjualan sudah termasuk kabel data? headset? memori eksternal?dan aplikasi apa saja yang di bundling?

6.       Dukungan Purna Jual
Perhatikan baik-baik garansi yang diberikan, apakah garansi resmi? Berapa lama masa berlaku garansinya? Termasuk suku cadang atau hanya servis? Lihat juga lokasi service center, apakah tersedia di kota anda? Kalau anda sering bepergian, liat juga lokasi yang tersebar di Indonesia atau di luar negeri, apakah tersedia? Beberapa penjual memberikan atau menawarkan asuransi (bedakan asuransi dengan garansi) sehingga anda juga perlu memperhatikan ketentuan asuransi yang diberikan, serta kemudahan klaim asuransinya.

7.       Transaksi Pembelian
Pilihlah penjual yang terpercaya, lihat reputasi penjual, rujukan dari teman adalah poin plus, perhatikan juga ketentuan pembelian dengan seksama, bila membeli online, perhatikan mekanisme pengiriman yang dilakukan oleh penjual, apakah cukup aman? Berhat-hatilah dengan penjual yang menjual dengan embel-embel blackmarket, bisa jadi anda adalah calon korban tindakan asusila penipuan. Bila anda membeli ponsel second, periksa baik-baik kondisi ponsel tersebut, apakah ada kecacatan yang mengganggu? bila anda termasuk awam, ajaklah teman anda yang mengerti seluk beluk ponsel.

Bagaimana? Sudah siap mencuri membeli smartphone? :)
PS: Ini lagi nyoba nulis yang agak serius dan formal. Tapi kok malah jadi aneh geli-geli sakit gatel ngilu gimana gitu. ~,~

Sir. Aboed Armstrong

Officially trained as a Civil Engineer, Aboed has thrown off the shackles of Stone and Concrete to return to his original passion: Information Technology.

1 komentar:

  1. Terimakasih tipsnya sangat bermanfaat. Sekarang harga smartphone sudah cukup terjangkau dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Tinggal pilih sesuai merek yang dipercaya.

    BalasHapus